VISI & MISI UINSU, FDK, & PROFIL JURUSAN/PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH (MD)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUMATERA UTARA

VISI :

Masyarakat pembelajar berdasarkan nilai-nilai Islam (Islamic Learning Society)

MISI :

Melaksanakan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan dilandasi oleh nilai-nilai Islam

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI (FDK)

VISI:

Menjadi masyarakat pembelajar ilmu dakwah dan ilmu komunikasi di Indonesia yang berkarakter Islami dan profesional.

MISI:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berstandar tinggi dalam disiplin Ilmu Dakwah dan Komunikasi secara multi dan transdisipliner berdasarkan nilai-nilai Islam.
  • Melakukan penelitian ilmiah dalam bidang dakwah dan komunikasi untuk membantu penyelesaian persoalan masyarakat.
  • Melaksanakan pengabdian dalam mengaplikasikan keilmuan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Menjalin kerjasama strategis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dengan lembaga pemerintah dan swasta.

 

PROFIL PROGARAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH (MD)

SESUAI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

  • VISI:

Masyarakat pembelajar ilmu manajemen dakwah di Indonesia yang berkarakter Islami dan profesional.

  • MISI:
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berstandar tinggi dalam bidang Manajemen Dakwah secara multi dan transdisipliner.
  2. Melakukan penelitian ilmiah dalam bidang Manajemen Dakwah untuk membantu penyelesaian persoalan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian dalam mengaplikasikan Manajemen Dakwah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama strategis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dengan lembaga pemerintah dan swasta dalam bidang dakwah.

 

  • Tujuan
  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran berstandar tinggi dalam bidang Manajemen Dakwah secara multi dan transdisipliner.
  2. Lahirnya hasil-hasil penelitian ilmiah dalam bidang Manajemen Dakwah untuk membantu penyelesaian persoalan masyarakat.
  3. Terlaksananya pengabdian dalam bidang manajemen dakwah yang dapat meningkatkankemajuan dalam bidang pengelolaan lembaga dakwah.
  4. Terjalinnya kerjasama strategis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dengan lembaga pemerintah dan swasta dalam bidang pengelolaan dakwah.
  • Sasaran:
  1. Menghasilkan sarjana manajemen dakwah yang berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan sarjana manajemen dakwah yang memiliki ilmu dan wawasan yang luas.
  3. Menghasilkan sarjana manajemen dakwah yang memiliki kematangan profesional.
  4. Meningkatnya kerjasama regional dan nasional.
  • Profil Lulusan

Dengan skill manajemen yang diperoleh alumni Manajemen Dakwah, maka peluang kerja lulusannya terbuka luas, khususnya di organisasi/lembaga dan perusahaan yang bergerak di bidang dakwah dan produk keagamaan dengan berbagai jenis dan model. Selain itu, bekal skill manajemen dapat menjadi modal dasar yang penting untuk menjadi entrepreneurship.

  1. Manajer Baitul Maal wat Tamwil (BMT)
  2. Manajer Lembaga Keuangan Mikro Syariah
  3. Manajer Lembaga/Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS/BAZIS)
  4. Manajer Lembaga Sosial Keagamaan
  5. Manajer Even Organizer (EO) Kegiatan Sosial Keagamaan
  6. Manajer Supermarket/Hipermarket
  7. Tenaga Surveyor Penelitian Keagamaan Islam
  8. Tenaga/Staf Administrasi Lembaga Keagamaan Islam
  9. Tenaga/Staf Administrasi Lembaga Pendidikan
  10. Tenaga/Staf Administrasi Perbankan/Lembaga Keuangan
  11. Tenaga/Staf Pendamping Lembaga non-Pemerintah
  12. Tenaga/Staf Pendamping Pedesaan
  13. Tenaga/Staf Administrasi (PNS) Lembaga Pemerintah
  14. Tenaga Perencana dan Penggerak Sosial Keagamaan