Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sumatera Utara menggelar rapat kerja (raker) selama tiga hari, 17-19 Mei 2022 di Hotel Sibayak International Resort,Berastagi Kabupaten Karo. Rapat Kerja yang mengusung tema “Optimalisasi Disiplin dan Prestasi Kerja Berbasis Akreditasi dan Wahdatul Ulum” dihadiri jajaran pimpinan, para dosen, dan tendik di lingkungan FDK.
Kegiatan rapat kerja FDK dilaksanakan untuk merumuskan langkah-langkah strategis program Fakultas Dakwah dan Komunikasi demi meningkatkan akreditasi dan menerapkan wahdatul ulum. Hal ini disinggung Wakil Dekan (WD) II, Dr. Syawaluddin Nasution, M.Ag pada saat menyampaikan sambutan ketua panitia. “Rapat kerja merupakan agenda rutin FDK., untuk mengevaluasi program kerja di masala lalu dan merencanakan agenda di masa mendatang”, jelas Dr. Syawaluddin Nasution, M.Ag.
Rapat kerja memberi ruang untuk mengevaluasi dan menyampaikan ide-ide konstruktif bagi program kerja FDK. Oleh karena itu, Dekan FDK, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan rapat menyampaikan, “Disiplin merupakan kunci dari pencapaian prestasi kerja, maka setiap agenda yang kita laksanakan harus bermuara pada prestasi kerja dengan meningkatkan disiplin. Prestasi kerja yang akan kita capai diantaranya adalah peningkatan akreditasi dan kualitas SDM, khususnya jumlah guru besar dan karya ilmiah berupa HKI”.. Acara pembukaan rapat kerja ditutup dengan doa yang diipimpin oleh Dr. Muniruddin, M.Ag.
Sesi rapat dilanjutkan dengan uraian evaluasi kinerja dan konsolidasi program kerja tahun 2022 oleh Wakil Dekan I, Dr. Rubino, MA, Wakil Dekan II, Dr. Syawaluddin Nasution, Mag, Wakil Dekan III, Dr. Muaz Tanjung, MA, Ketua Prodi S3 KPI, Dr. Ahmad Thamrin Sikumbang, MA, Ketua Prodi S2 KPI, Dr. Mailin, MA, Ketua Prodi S1 KPI, Dr. Irma Yusriani Simamora, MA, Ketua Prodi BPI, Dr. Zainun, MA, Ketua Prodi PMI, Dr. Annaisaburi Nasution, MA, Ketua Prodi MD, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA, Kepala Laboratorium, Dr. Elfiyanti Ritonga, MA, dan Pengelola Jurnal, Muhammad Putra Dinata Saragi, M.Pd.
Dalam pemaparannya, Wakil Dekan I, Dr. Rubino, MA menyampaikan tentang keharusan publikasi jurnal untuk kegiatan penelititan dan pengabdian yang dilakukan program studi, percepatan penyelesaikan pengisian instrument akreditasi berdasarkan matriks penilian, strategi pengisian tracer study, PDDIKTI, pengelolaan jurnal, rencana strategis, rencana operasional, panduan akademik mahasiswa, program studi baru, dan prioritas kegiatan untuk mendukung akreditasi.
Selanjutnya, Wakil Dekan II, Dr. Syawaluddin Nasution, M.Ag menjelaskan tentang pengajuan kegiatan program studi yang dapat mendukung akreditasi, serapan anggaran, bank data sebagai tanggung jawab bagian umum, dan absensi pegawai. Sementara itu, Wakil Dekan III, Dr. Muaz Tanjung, MA menyampaikan tentang pelaksanaan kerjasama dengan beberapa PTKIN dan lembagai lain beserta realisasinya, roadmap penelitian dan pengabdian, DEMA, SEMA, dan implementasi pedoman suasasa akademik mahasiswa
Rapat pimpinan dilaksanakan di sela waktu rapat kerja guna membahas setiap usulan, evaluasi, dan program kerja sehingga diperoleh hasil yang lebih maksimal, terutama tentang akreditasi program studi khususnya program studi yang sedang proses reakreditasi; S1 PMI dan S3 KPI, dan ISK; Prodi S1 MD, BPI, KPI, dan S2 KPI.
Rapat pimpinan ditutup pada Rabu (20/5). Dalam sambutan penutupan, Dekan FDK, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed memberikan penegasan tentang pentingnya disiplin dan prestasi kerja serta dokumen tertulis evaluasi dan rencana program kerja prodi. Dekan FDK berharap agar FDK memberikan kontribusi berupa akreditasi unggul pada minimal satu program studi di FDK. (web fdk.uinsu.ac.id)