Kurikulum Program Studi Manajemen Dakwah disusun dengan mempertimbangkan relevansinya terhadap perkembangan ilmu dan teknologi pada masa sekarang dan yang akan datang, serta selalu memperhatikan kebutuhan stakeholder. Oleh karena perkembangan kebutuhan stakeholder senantiasa berubah dari waktu ke waktu, maka muatan kurikulum harus bersifat dinamis. Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012, mengenai Deskripsi jenjang Kualifikasi KKNI,  bahwa jenjang  pendidikan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan profil lulusan. Tentunya dalam hal ini kurikulum yang dilakukan pada Prodi Manajemen Dakwah adalah untuk mengembangkan beberapa hal: (1) Pendidikan dan pengajaran dalam bidang Manajemen Dakwah; (2) Memperluas dan memperkaya kajian-kajian dalam bidang Manajemen Dakwah melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang integrasinya pada mata kuliah.

Kurikulum Program Studi Manajemen Dakwah berjumlah 146 SKS yang terbagi dalam mata kuliah wajib 142 SKS dan mata kuliah pilihan 4 SKS. Capaian pembelajaranada PS MD merupakan turunan dari profil lulusan dan sesuai dengan level KKNI pada Level 6 yang terdapat pada Buku Panduan Kurikulum UIN Sumatera Utara Medan yang dapat dilihat dalam diagram sebagai berikut:

Diagram batang di atas menunjukkan distribusi mata kuliah berdasarkan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) per semester di Program Studi Manajemen Dakwah (PSMD). Semester I hingga VI memiliki distribusi SKS yang relatif konsisten dengan jumlah sekitar 20-22 SKS. Sementara itu, Semester VII dan VIII menunjukkan penurunan dengan 11 dan 10 SKS, yang biasanya mencerminkan fokus pada praktikum, tugas akhir, atau kegiatan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Skripsi.

Selengkapnya Baca disini