VISI

Pada tahun 2030 menjadi Program Studi Manajemen Dakwah yang unggul, terdepan, dan kompetitif  di Indonesia dalam mewujudkan kecendekiawanan dan kemandirian bangsa.

MISI

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Manajemen Dakwah yang terencana, terpadu dan komprehensif guna membentuk cendekiawan yang Islami dan berwawasan global.
  • Melaksanakan penelitian dalam Ilmu Manajemen Dakwah yang dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional untuk mendorong tumbuhnya pengetahuan dan teknologi baru yang Islami.
  • Meningkatkan peran Program Studi Manajemen Dakwah dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan kecendekiawanan, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat.
  • Mengembangkan kerjasama dengan lembaga regional, nasional dan internasional untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang Manajemen Dakwah.
  • Tujuan
  • Menciptakan sarjana yang unggul dalam disiplin Ilmu Manajemen Dakwah yang berkarakter Islami dan berwawasan global.
  • Menciptakan sarjana yang menghasilkan karya penelitian dalam bidang Ilmu Manajemen Dakwah yang bermanfaat secara regional, nasional, maupun internasional.
  • Menciptakan sarjana yang menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang bermanfaat untuk mewujudkan kecendikiawanan, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat.
  • Menciptakan sarjana yang memiliki hubungan kemitraan dengan lembaga pemerintah dan  swasta dalam dan luar negeri untuk menopang peningkatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi untuk kemaslahatan kemanusiaan.
  • Strategi Pencapaian Tujuan
  • Meningkatkan kualitas lulusan melalui jaminan mutu (quality assurance), melalui:
  • Peningkatan mutu pembelajaran dari berbasis output kepada process dan outcome, dengan merubah paradigma pembelajaran.
  • Pemantauan perkembangan alumni, dengan mengikutsertakan para alumni ke dalam perhimpunan alumni.
  • Optimalisasi penjajakan alumni, dengan menambah sarana pelaporan data alumni.
  • Peningkatan kompetensi kewirausahaan, melalui pengadaan seminar atau workshop kewirausahaan, memfasilitasi keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan seminar dan workshop kewirausahaan dengan pihak luar dalam dan luar negeri, menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) atau sejenisnya
  • Peningkatan kerjasama, melalui optimalisasi kerjasama dengan lembaga-lembaga yang relevan seperti KBIH, Tour & Travel Haji dan Umrah, Leembaga Perbankan Islam, usaha-usaha kecil dan menengah berbasis keislaman, waralaba berbasis keislaman, dan sejenisnya,
  • Memperpendek masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dari 8 bulan masa tunggu menjadi 6 bulan, melalui: penyediaan informasi database lowongan kerja bagi alumni dengan membuka website alumni, dan pusat informasi alumni; ikutserta mencarikan pekerjaan melalui jaringan dosen-dosen prodi MD; memfasilitasi magang di berbagai lembaga mitra.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa;
  • Meningkatkan sosialisasi prodi, dari semula hanya ke sekolah-sekolah negeri di bawah Kemenag menjadi lebih luas ke pesantren-pesantren dan sekolah-sekolah umum
  • Diseminasi brosur/pamflet berbasis prodi, dengan bekerjasama dengan alumni untuk menyebarluaskan brosur dan pamflet prodi MD.
  • Pemanfaatan website prodi; menyediakan informasi PMB dan brosur prodi MD di website MD
  • Pemerataan akses pendidikan/beasiswa; mengupayakan pemberian beasiswa sebanyak-banyaknya khususnya dari dalam UIN SU Medan, dan memudahkan fasilitasi/rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa dari luar UIN SU Medan.
  • Seleksi PMB yang ketat dan kompetitif 1: 15 pendaftar; pada saatnya dalam rangka meningkatkan kualitas input prodi MD, maka seleksi PM ke Prodi MD harus lebih ketat dari sisi kualitasnya.
  • Peningkatan kualitas pembelajaran berbasis karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan upaya mendorong dosen-dosen prodi untuk menyampaikan materi pembelajaran yang connecting dengan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas dosen/Tenaga Pendidik, melalui:
  • Peningkatan kuantitas dan kualitas karya penelitian
  • Peningkatan kuantitas dan kualitas karya pengabdian kepada masyarakat,
  • Mendorong penerbitan buku ber-ISBN dan memiliki HKI.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan Tenaga Kependidikan, melalui:
  • Peningkatan jumlah kecukupan
  • Peningkatan profesionalitas;
  • Peningkatan integritas dalam rangka mewujudkan tata kelola lembaga pendidikan dan pelayanan yang baik (good governance).
  • Meningkatkan kerjasama dalam bentuk Memorandum of Agreement (MOA) dengan lembaga pemerintah maupun swasta di dalam dan luar negeri, melalui:
  • Peningkatan jumlah kerjasama dengan lembaga pemerintah dalam negeri,
  • Peningkatan jumlah kerjasama dengan lembaga swasta dalam negeri,
  • Peningkatan jumlah kerjasama dengan lembaga di luar negeri,
  • Peningkatan jumlah kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dalam negeri,
  •  Peningkatan jumlah kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri.